Memahami Seseorang Melalui Cara Mereka Berkomunikasi

Ini dia informasi buat para agan2 dan bro2 sekalian yang butuh informasi cara memahami seseorang dengan cara berkomunikasi antaranya sebagai berikut:

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kata-kata seseorang tidak selalu sesuai dengan bahasa tubuh mereka? Mengamati cara orang berkomunikasi, baik secara verbal dan nonverbal, dapat membantu anda untuk menilai apa yang mereka rasakan saat itu.

Ketika berbicara dengan seseorang, ada petunjuk verbal yang menunjukkan  suasana hati atau bagaimana mereka memandang tentang subjek atau masalah tertentu. Isyarat verbal dapat termasuk nada suara orang tersebut, dan seberapa cepat atau lambat mereka berbicara.  Berikut kedua petunjuk verbal:

1. Nada suara. Jika suara seseorang bersemangat, mereka mungkin baru saja menerima kabar baik atau memiliki pengalaman yang positif. Jika suara tidak memiliki nada emosi, mereka mungkin lelah atau tertekan. Jika suara pendek dan tiba-tiba, mereka mungkin terburu-buru atau marah tentang sesuatu. Jika nada suara seseorang berbeda dari apa yang biasanya, mereka  ingin mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan akar masalah. Sebagai contoh , jika seseorang bersuara sedih, dan mereka biasanya ceria, mereka ingin berbagi kekhawatiran bahwa mereka tidak terdengar baik maka gunakan nada suara berbeda dari biasanya untuk menanyakan tentang situasi mereka saat itu.

2. Berbicara cepat atau lambat. Jika orang tersebut berbicara cepat, mereka mungkin senang, cemas, atau takut. Jika ucapan mereka lambat, mereka mungkin kurang energi, tidak tahu harus berkata apa, atau memilih kata yang tepat dan tidak ofensif. Jika orang biasanya adalah seorang pembicara cepat, tapi berbicara perlahan-lahan, mungkin ini isyarat kepada anda untuk menanyakan tentang orang itu bagaimana kondisi mental atau fisiknya.

Ketika berkomunikasi dengan orang-orang, dan mengamati perilaku nonverbal mereka. Berikut ini adalah daftar beberapa isyarat nonverbal untuk mencari tahu ketika kata-kata orang tampaknya bertentangan dengan bahasa tubuh mereka.

1. Kontak mata. Apakah individu memandang Anda langsung ke mata atau menghindari kontak mata? Menatap mata seseorang biasanya mencerminkan kejujuran dan kompetensi. Jika seseorang menghindari kontak mata, mereka mungkin gugup, marah, atau berbohong.

2. Postur. Apakah orang yang duduk atau berdiri lurus/tegak atau mereka bersandar? Jika postur tubuh seseorang lurus, ini biasanya merupakan tanda bahwa mereka percaya diri dan siap untuk bertindak. Jika orang itu bersandar, hal ini dapat menunjukkan bahwa mereka sedang lelah atau depresi, kurang percaya diri, atau mencoba untuk menyembunyikan sesuatu.

3. Menyilangkan lengan dan kaki. Ketika orang-orang menyilangkan lengan atau kaki mereka, ini mungkin menunjukkan bahwa mereka tertutup untuk komunikasi. Namun, banyak orang menyilangkan kaki ketika bersantai, jadi sebaiknya Anda melihat lebih dari satu isyarat nonverbal ketika menilai individu.

4. Tubuh orang condong/menoleh ke samping. Jika seorang individu sedikit berpaling dari Anda, mereka mungkin mencari kesempatan pertama untuk keluar dari percakapan. Jika mereka menghadapi Anda secara langsung, kemungkinan besar mereka akan menyelesaikan percakapan.

5. Bagaimana orang itu berpakaian. Meskipun cara berpakaian seseorang dapat mengekspresikan individualitas mereka, hal itu juga dapat berbicara banyak tentang bagaimana perasaan mereka. Sebagai contoh, jika seseorang pergi ke sebuah wawancara dengan lipatan pakaian atau pakaian kotor, mereka akan terlihat memiliki kebersihan yang buruk  dan mereka dapat dianggap tidak benar-benar peduli tentang mengamankan pekerjaan. Di sisi lain, jika orang yang menghadiri wawancara rapi dan berpakaian profesional , perhatian mereka memberikan penampilan mereka akan dianggap tertarik pada posisi yang ditawarkan.

6. Gerakan yang berlebihan. Jika Anda terlibat dalam percakapan dengan seseorang, dan mereka terus menekan jari-jari atau kaki mereka, atau mengayunkan kaki, hal ini mungkin merupakan suatu indikasi bahwa mereka gugup atau terburu-buru.

Dengan mendengarkan kata-kata seseorang dan mengawasi bahasa tubuh mereka, Anda akan dapat mengamati apakah kata-kata dan bahasa tubuh mereka terdapat konflik. Jika Anda mendeteksi sebuah konflik, ajukan pertanyaan untuk menilai apa yang terjadi dengan individu. Dengan mengajukan pertanyaan dan menunjukkan perhatian, Anda mungkin dapat membantu seseorang agar merasa nyaman atau menyelesaikan suatu masalah.

Gimana untuk informasinya??

Insya Allah bermanfaat untuk kita semua… dan semoga media informasi ini bisa selalu laris dikunjungi oleh banyak orang..

dimohon untuk kritik dan saran para agan2 dan bro2 semua yang berkunjung dan membaca web ini..

akhir kata Wassalam,……….

Tunggu seri selanjutnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s