Fakta Penting Tentang Satu-Satunya Harimau Di Indonesia

Selamat siang mas bro dan mba sist sekalian, saya kembali ingin memberikan sekedar informasi yang cukup penting, ada yang tahu 3 hari yang lalu tanggal 29-Juli-2013 itu hari apa? Hari itu adalah ditetapkannya sebagai Hari Harimau International (Tiger International Day). Kita adalah negara yang memiliki Harimau yaitu Harimau Sumatra, perlu bro dan sist ketahui bahwa harimau tersebut adalah harimau terakhir yang negara kita miliki. Untuk itu di sini saya mengajak kalian untuk mengetahui apa saja fakta tentang Harimau di Indonesia kita ini, Let’s Check it out.

Image

1. Harimau terakhirnya Indonesia.
Indonesia pernah memiliki tiga jenis harimau yang tinggal di tiga pulau terpisah, Bali, Jawa, dan Sumatra. Kucing Belang Raksasa tersebut pun punah satu persatu, mulai dari pulau terkecil (Bali). Hingga kini tinggal Sumatra lah yang menyisakan harapan.

2. Habitat harimau kian menciut.
Kerusakan dan kehilangan habitat merupakan ancaman utama bagi Harimau Sumatrea. Ancaman berikutnya adalah perburuan illegal untuk mensuplai perdagangan gelap satwa liar.
Dalam 23 tahun terakhir hingga tahun 2009, Sumatra telah kehilangan hutannya seluas 12,5 juta hektare atau setara dengan luas pulau jawa, sungguh ironi dan miris memang. Selama periode tersebut, rata-rata hutan seluas delapan kali luas daratan Jakarta lenyap setiap tahunnya.

Image

ImageHutan Rimbang Baling Sumatera

3. Populasinya tidak diketahui pasti.
Menghitung harimau memang bukan pekerjaan mudah. meskipun bukan pekerjaan mustahil. perhitungan harimau memerlukan sumberdaya yang sangat besar. pasalnya untuk mendapatkan sampel yang cukup, memerlukan ratusan atau bahkan ribuan kamera otomatis yang harus dipasang sejara simultan di seluruh kawasan atau daerah yang mewakili beragam tempat hidup harimau.
Padahal, mencari pendanaan untuk melakukan kegiatan seperti itu sama sekali bukan hal mudah. Akibatnya hingga sekarang, pemerintah masih menggunakan angka perkiraan populasi yang telah digunakan sejak tahun 1994, yang hanya didasarkan pada perkiraan beberapa ahli konservasi satwa. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa Harimau sumatera itu bisa lebih atau malah kurang jumlahnya dari yang di perkirakan. Inilah yang membuat para pemburu liar senantiasa bebas melakukan matapencahariannya yang sangat kejam tersebut.

Image

ImageHarimau yang telah di air keraskan kulitnya disita oleh pihak berwajib

4. Konflik dengan harimau dapat dicegah.
Dari sekian banyak insiden konflik antara harimau dengan manusia atau ternaknya, sangat diyakini bahwa konflik sebenarnya dapat di cegah.
Perubahan sikap dan aktivitas manusia adalah salah satu kuncinya. karena manusialah yang lebih mudah untuk dididik, maka sudah semestinyalah manusia yang seharusnya dapat menghindarkan konflik dengan harimau. Dan juga dimana ada akibat pasti ada penyebabnya, yang menyebabkan harimau itu turun ke pemukiman warga adalah rusaknya hutan dan habitat mereka sehingga mereka sulit mencari makan.

5. Harimau dapat dilestarikan.
Penurunan populasi harimau tidak saja dapat dihentikan; populasi si raja rimba itu bahkan bisa ditingkatkan atau dipulihkan. Hanya saja, pemulihan itu memerlukan komitmen yang serius.Intinya adalah jika ingin berhasil yang harus mempunyai komitmen adalah orang-orang yang memiliki hak dan wewenang di negara ini yaitu pemerintah. Dan selanjutnya, hal itu hanya perlu di dukung oleh tokoh-tokoh kunci/tokoh masyarakat yang disegani oleh masyarakat luas.
Sebenarnya kita tidak perlu repot-repot memikirkan cara mengembang biakan harimau sumatera itu karena yang perlu dilakukan adalah perbaikan habitat mereka dengan cara reboisasi dan juga menjaga kelestarian hutan serta di bentengi dengan hukum yang tegas.

Image

Image

Sumber: Sunarto, WWF-Indonesia, National Geographic Indonesia

One thought on “Fakta Penting Tentang Satu-Satunya Harimau Di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s