Apakah Kenaikan PPnBM Berpengaruh Terhadap Pasar Mobil CBU Juga???

Seperti yang kita ketahui bahwa kenaikan PPnBM ini lumayan sangat berpengaruh untuk segment speda motor CBU bahkan, banyak blog yang menyatakan bahwa, Yamaha pun menunda untuk merilis Moge Premiumnya yang sebenarnya lumayan banyak juga yang minat. Tapi, apakah mobil yang CBU pun terkena Imbas PPnBM yang naik ini??

ImageDari sumber yang saya dapat bahwa pasar mobil nasional tidak terganggu oleh kenaikan PPnBM untuk mobil CBU berkapasitas diatas 3000 cc (bensin) atau 2500 cc Diesel. Hal ini dikarenakan jumlah konsumen untuk mobil jenis CBU diatas 3000 cc itu jumlahnya kecil.

Dan dari sumber lain yang saya dapatkan juga ternyata, jumlah perakitan mobil CBU dengan mesin diatas 3000 cc, jumlahnya tidak sampai 800 unit atau lebih tepatnya 794 unit mobil perperiode Januari-Juli 2013 dan mayoritasnya adalah mobil dengan merek premium.

Berdasarkan data tersebut, didapat bahwa kelompok Chrysler paling banyak memasarkan mobil dengan mesin di atas 3.000 cc, yaitu Jeep Wrangler 3.8 AT, dengan WS (Whole Sale) mencapai 340 unit dalam periode tersebut. Merek premium lain adalah Lexus, 199 unit, sisanya adalah super car Lamborgini, Ferarri dll.

Jadi kenaikan PPnBM CBU yang dilakukan oleh pemerintah tidak berpengaruh untuk pasar mobil nasional untuk mobil CBU karena jumlah yang sedikit.

Image

sumber: Kompas Otomotif

9 thoughts on “Apakah Kenaikan PPnBM Berpengaruh Terhadap Pasar Mobil CBU Juga???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s