Pertama Kali Nunggang Cheetah Gendut, Meski Baru 4 KM.

Pagi bro dan sist….. setelah kemarin NVL ane udah turun rasanya bahagia banget pengen buru2 naek si NVL (meski masih belum lancar kopling) mau test ride atau Enreyn dulu stelah turun.

Testnya cuma sebentar mas bro.. karena terkendala hujan yang angot-angotan (tar hujan tar berenti,, hujann gedee…. eh berenti lagi) jadi cuma sempetin ke pom bensin aja mau isi pertamax.. awal di nyalain.. ya di sapa ama si CheDut (itu nama yang gua kasih buat dia alias Cheetah Endut) Hi Broo… saya engkol 10 kali keadaan sakelar mati baru di nyalain mesinnya vrooommm vromm.. suaranya enak banget mungkin karena masih baru pas di coba koplingnya.. makkk…. dalem banget… jauh gitu.. apa kopling standar pabrikan memang segini dalemnya ya?? harus sampe habis di tarik.. saya sampe kagok ya namanya saya baru bisa pake kopling, eh koplingnya dalem banget.. hehe..

Saya jalankan lah motor ini beserta dengan teman saya sebagai pelatih meski dia udah berkali2 hampir ngejengkang karena sy masih kaku karena saya yang kagok mainin kopling lama2 bisa jalan lancar menuju pom bensin 1 ga mati2 mesinnya bahkan sempet di tes sampe 4500 Rpm sesuai dengan panduan. apes.. Pertamax abis di pom satu.. jalan lagi deh ke pom selanjutnya yang jaraknya 1 Km dari pom awal.. hujan.. idih padahal di pom 1 itu kering banget.. di sana udah becek parah.. hmmm extreme.. lanjut ceritanya deh… abis isi bensin pertamax beres langsung tancap lagi eh… cesss…. mati hehehe… grogi mas bro…… banyak cewe liatin soalnya.. hehe.. tapi nylain dan lancar lagi sampe akhirnya masuk lagi ke gang kampung ane.. disana mati lagi tuh mesin.. wlah.. ampe 2 x lagi matinya.. udah dag dig dug dan juga kaki keram gara2 grogi.. apessss brooo… dihitung2 5x mati mesin ama ane sepanjang 4.2 Km itu. hehehe.. kacau…

Selama saya melakukan test, saat saya berhenti di pom bensin tercium bau menyengat dari mesin.. bau besi kebakar atau bau sangit2 gimana gitu.. apakah itu normal?? karena itu mesin baru jadi itu akibat dari gesekan mesinnya?? atau karena saya belum lancaar mengunakan kopling lah penyebab bau itu?? soalnya waktu itu pake Old Vixi yang udah 3 taun ga ada bau2an kaya gitu meski saya sama belum lancarnya waktu itu main koplingnya.. dan saya mau bertanya.. saya nih belum lancar kopling.. kalo belajar ngelancarin pake NVL saya ini.. ngerusak mesin ga ya bro??? mohon pencerahaannya. soalnya ada yang bilang ngerusak ada juga ya ga apa2… soalnya ga lama juga lancar.. gitu…
untuk pict nyusul ah.. hehe

terimakasih ya kalo ada yang baca postingan ini atau jawab pertanyaan saya.. postingan ini semata2 untuk curhat aja dan saya harap agar bro2 sekalian mau sharing kesaya yang masih awam..๐Ÿ˜€

postingan ini mengandung unsur curhatan. ๐Ÿ˜€

27 thoughts on “Pertama Kali Nunggang Cheetah Gendut, Meski Baru 4 KM.

      1. saran saya jangan dikasih premium. kompresi NVL tinggi diatas 9,1:1 , lebih cocok minum pertamax(ron 92 keatas). sudah disetting untuk pakainya bensin beroktan 92 keatas. Bisa sih bisa, tp tidak disarankan. Diiklan sih pasti disebutin bisa minum premium, soalnya kalau disebutin harus minum pertamax, bisa-2 ga laku motor ini. Saya juga pemakai NVL

  1. selamat masbro akhirnya tiba itu NVL.
    sebagai info kopling NVL saya juga pas baru jarak maennya jauh banget, minta setel aja dibengkel. Biar ga pegel tu tangan…
    salam black mamba (NVL gw :D)

      1. bengkel pinggir jalan juga bisa, bahkan klo mau setel sendiri juga gampang. cukup sediain tang aja, buka karet pelindung handle kopling trus atur deh, mudah bin cepet bro…

  2. sik asik .. jozzz…

    keknya mending deh diisinya tu bensin gak sedikit sama dealer. dulu si shiro ay malah smpt mati pas jarak ke pom udah tggal beberapa ratus meter lagi…sobek tenannn…
    mana agak nanjak lagi… goyang2in sebentar tuh tanki mau gak mau, alhamdulillah starter nyala lagi. pelan2 deh bawanya. isi pertamax plus deh sedikit, soalnya rencana nyoba v power waktu itu.

    ay pernah bantu setting jarak main kopling NVLnya temen, sebenarnya gampang kok, tapi agak susah juga jelasinnya disini. intinya di ujung kabel ada drat sebesar koin 100 lama, putar (kabelnya harus ikut berputar juga) mendekati tuas, jangan menjauhi, semakin dekat, maka jarak mainnya makin dekat, sebaliknya semakin jauh nyetelnya, makin jauh lepas koplingnya. mudah2an dari jabaran ini bisa dilakuin, kalau gak bawa ke bgkel pinggiran juga bisa.

    http://www.kobayogastea.blogspot.com

    1. saya juga sebenernya bensinnya seuprit mas bro.. saya bli dulu bensin eceran 1 liter nah abis itu baru jalan ke pom isi pertamax 5 liter..
      untuk kopling saya ga berani ah kalo sendiri mah… saya serahin ke bengkel ajah mas bro. hehe.. terimakasih ya udah mau sharing๐Ÿ˜€

  3. Jd inget dulu wkt belajar motor kopling..
    Pas ketemu macet.. Parkir dulu smpe ga macet baru jalan..
    Malu soalnya mesin mati mulu.. Hehe
    Puji Tuhan skrg udh lancar..
    Ane sih ga tau ya klo sering mati2 mesinnya pengaruh ga ke mesin tsb..
    Tp kadang emang sayang juga ya klo pas mesin mati trs dengar suara sprti “krek krek” gt.. Spertinya suara rantai yg keganjel..
    Saran sy bro utk mslh koplingnya.. Mending minta tolong disetel sama teman yg udh pengalaman/biasa kerja motor..
    Soalnya biar sekalian bro bisa tau itu cara setelnya..
    Kita sebagai biker juga setidaknya harus tau bro hal2 kecil ttg motor kita, agar nanti bs kita kerjakan sndri tanpa harus minta tlg org..
    Emang keliatannya sepele sih, ke bengkel, bayar, beres..
    tp cb bygkan klo wkt mepet trs ada gangguan kecil, setidaknya bs lgsg kita atasi sendiri kan tanpa harus ke bengkel..
    Dan seperti setel kopling, kencengin rantai, ganti oli, setel jarak main rem tromol (kelupaan NVL udh cakram ya.. Hehe)
    Itu adalah hal2 kecil yg setidaknya kita harus tau bro..
    Dan caranya juga ga sulit..
    Cuma saran aja sih bro.. Sorry klo ga berkenan..
    Salam ssma pengguna vixy..

    1. hehe.. makasih mas bro sarannya.. idenya aneh tapi bgus tuh.. kalo macet berenti dulu. hehehe… kalo ane alhamdulilah baru pertama main kopling cuma mati2 sampe 5 kali hehe.. tapi terus bisa juga nyesuain dri sama koplingnya.. cuma kadang2 kalo berenti di tanjakan saya lupa oper gigi.. malah kebelakang… yang ada bukan nanjak malah mati teruss sobekkk….. hehe

Leave a Reply

