Indonesia Menjadi Industri Otomotif Terbesar Tingkat ASEAN

iims

Pada pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show 2013 yang resmi dibuka pada hari ini di Jakarta tepatnya di JIExpo, Kemayoran yang rencananya acara ini akan berlangsung sampai tanggal 29 September 2013 tersebut, Indonesia menjadi industri otomotif terbesar di ASEAN.

Pameran tersebut bertujuan untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa menjadi pasar yang potensial di dunia otomotif dan juga supaya meyakinkan para investor-investor asing agar mau membuka usahanya di Indonesia, khususnya di bidang Industri Otomotif. Pada pameran ini pula kita bisa mengetahui hasil penjualan dan produksi mobil pertahunnya di Indonesia ini, Kita bisa mengetahui pada bulan Januari hingga Juli 2013, produksi mobil di tanah air mencapai nilai 626.886 Unit dan penjualannya melebihi dari produksi tahun ini yaitu mencapai 714 ribuan unit, wah… wah.. moncer bin seger penjualannya ya??
Hal ini membuat Ketua Panitia IIMS 2013 meyakini bahwa Indonesia bisa menjadi Industri Otomotif yang terbesar dalam waktu tidak lama lagi. Pameran IMMS 2013 ini pun mengusung tema Smart, Vehicle, and Mobiliti yang mengedepankan efisiensi bahan bakar. Pada pameran ini juga para ATPM yang ikut serta bukan hanya memamerkan mobil baru akan tetapi mereka juga memamerkan mobil-mobil konsep. Diantara 36 ATPM yang ikut pameran tersebut ada 27 diantaranya ATPM kendaraan penumpang dan 9 diantaranya untuk kendaraan niaga.

Mungkin ini memang suatu kebangaan untuk Indonesia karena bisa menjadi Industri Otomotif terbesar namun di sisi lain, perkembangan otomotif di Indonesia tidak diimbangi dengan sarana Infrasktrukur yang baik dan mencukupi, seperti yang pernah kita ketahui sebelumnya, perkembangan jalanan di Indonesia lebih kecil dibanding perkembangan pengguna jalannya. Tentu hal ini jangan diremehkan dan harus mendapatkan sebuah perhatian khusus karena ada yang mengatakan bahwa Jakarta pada sekitar tahun 2016-2020 akan menghadapi situasi jalanan yang cukup mengerikan yaitu Macet Total.
penjualan mobil dan motor di Tanah Air sangatlah besar, kita bisa bayangkan jika saja pertahun ada 1.000.000 unit motor dan 700.000 unit mobil baru, akan tetapi dengan kondisi jalanan yang tidak baik dan perkembangan jalanan yang masih tidak bisa mengimbangi perkembangan pengguna jalanya, tidak menutup kemungkinan prediksi yang dibuat bahwa jakarta akan macet total itu akan segera tiba. Juga sifat konsumtif bangsa kita yang harus dikurangi dimana kita selalu membeli barang-barang buatan asing sedangkan produk dalam negri sendiri kita kesampingkan. Hal ini juga berdampak negatif untuk perekonomian nantinya.

Ya ini semua hanya IMHO saja… penulis tidak melarang Bro dan Sist untuk membeli produk-produk tersebut namun hanya mengingatkan saja.. sedia payung sebelum disiram.. ok bro?? semoga bermanfaat.😀

2 thoughts on “Indonesia Menjadi Industri Otomotif Terbesar Tingkat ASEAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s