Apakah Yamaha NVL Ketika Masa Enreyn Itu Lebih Boros BBM?????

Sore Bro dan Sist…. Ane dapet cerita nih dari temen-temen di group Facebook Yamaha New Vixion Lightning 2013 yang menyatakan bahwa ada beberapa dari mereka yang merasa Yamaha NVL mereka konsumsi bahan bakarnya lebih boros pada masa enreyn.. dan sebenarnya NVL saya juga memang terasa boros.. hanya menempuh jarak 30 KM saja satu strip sudah hilang bahan bakar saya… artinya 1.5 Liter kan?? Namun saya masih kurang yakin sih karena siapa tahu saja kapasitas bensin yang nanggung contoh.. satu strip itu 1.5 liter artinya 8 strip 12 liter.. jika ternyata yang terisi cuma 10.5 liter atawa bisa jadi leuwih saeutik ada kemungkinan meteran bensin tetep membaca full tank atawa 12 strip.. IMHO… namun 30 KM perliter itu sudah lumayan melenceng dari info-info test ride yang saya dengar yaitu sekitarΒ  lebih dari 40 Km/liternya.

Nih obrolan-obrolan ringan yang sengaja saya kutip dan screenshoot dari temen-temen dari group tersebut.

boros

Dari percakapan diatas ada yang bilang biasa-biasa aja, ada juga yang bilang harus ikutin peraturan dari buku tapi ada juga yang setuju bahwa dia juga ngerasa masa inreyn NVL itu rada boros… wah… wah… apakah cuma beberapa aja dari NVL yang settingan injectornya rada boros ya bro??? atau.. memang ridernya yang membuat motor itu boros contohnya seperti betot2 gasnya atau sering dibilang Motorsiawinya… seperti yang ada di bawah ini, orang yang buat status ini diberikan nasihat oleh orang yang berpengalaman (mungkin). Ini adalah lanjutannya.

lanjutan

Coba mas bro liat yang warna merah itu yang menyatakan bahwa NVL-nya boros dan coba liat kotak merah pertama.. dia menyatakan bahwa dia ngisi 100 ribu tapi cuma dapet 250 kilometer artinya cuma dapet sekitar 20 kilometeran per liternya… gila boros bener… moge moge yang cc stengah liter aja ga segitunya deh kayaknya…. tapi ada bilang juga di kotak hijau itu bilang.. suruh kursus muter gasnya.. hehe emang ada ya bro les privatenya ??? dan yang terakhir itu juga bilang boros juga… kurang lebih mirip kaya NVL ane baru 30an KM udah ilang satu strip padahal ikutin masa enreynnya sesuai pedoman… Saya mohon kepada para ahli otomotif ini menjelaskan apakah statement bahwa NVL masa enreyn itu lebih boros dari biasanya ataukah ini murni kesalahan tangan-tangan kami yang kasar mbejek gasnya?? ataukah menggerung-gerung gas itu juga jadi salah satu faktor dari borosnya motor?? dan juga telat lepas kopling (kopling masih menggantung/setengah) yang membuat motor jadi rada gerung sedikit juga jadi masalahnya???

Mohon pencerahaannya ya mas bro???? terimakasih…Β πŸ˜€

 

 

27 thoughts on “Apakah Yamaha NVL Ketika Masa Enreyn Itu Lebih Boros BBM?????

  1. kayanya semua motor dalam kondisi inreyen emng pasti boros…
    bisa karena beberapa hal
    bisa karena setingannya dibikin boros sama pabrik
    bisa karena emng mesinnya butuh penyesuaian, liat aja dibuku panduan tiap 1 jam motor harus dimatikan selama 5 menit, mungkin mesin masih ada gram2 yang bisa bikin panas…
    yang penting ikutin buku panduan, klo masalah berlanjut tanya ke mekanik.
    soalnya pengalaman sendiri awal2 inreyen, NVL ane juga boros, tapi skrng bisa 44km/liter…

      1. biasanya abis servis pertama udh berasa, oiya sebisa mungkin servis pertama skalian ganti filter oli. ya emng ga disebutin di buku manual sih, tapi dikaskus banyak yang bilang skalian ganti.
        biar gram2 yang ada difilter oli ga tersirkulasi lagi ke mesin

  2. Pnyaku pas udh mncapai km 900 an aq tes konsumsinya pke metode full to full, hasilnya dapet 39 km/ltr, faktor tangan itu juga pengaruh loh,πŸ™‚

  3. biasanya sih lebih boros, wajar kalo motor baru,
    ane aja dulu punya bebek awalnya cuma dapet 45km/liter, setelah setengah taun malah irit 60an km/liter.

  4. rata2 begitu walau gak semua, anggaplah yg normal itu dapat barang lebih bagus dari standarnya. namanya maspro selalu ada barang/parts yg di atas standar dan di bawah standar. walau jumlahnya sih yakin gakan lebih dari 2% dari total produksi.
    kalau dapat yg di atas standar, very lucky, karena biasanya lebih powerful tp tetap efisien dan mesin lebih kuat aliasntahan lama, kalau dpt yg standar ya sudah seharusnya, dapat yg butut, curse you…hehehe. sial bener namanya.

    balik ke inreyen, selama masa adaptasi, part2 jeroan mesin masih pada kasar semua, gesekan antar parts juga masih peret ibarat perawan, makanya kadang ada yg berasa motornya berat tarikannya. karena masih peret, ya kinerja mesin juga berat, karena beban kerja mesin berat maka terjadinya pemborosan yg tidak seharusnya. Nanti setelah servis pertama (kalau bisa secepatnya, di 700an), seperti vahn bilang di atas, ganti filter olinya (harusnya sih emg termasuk saat servis pertama, oli dan filter pro bono alias free, motor saya gitu soalnya).

    si motor juga jangan terlalu dimanjain, ikutin bukman boleh tp jangan text book banget lah, geber sesekali, olahragain, tapi caranya jangan puntir gas mendadak dan terus smp redline…yg penting gas dirunut, mau ngebut dan mau smp redline juga gpp sesekali, asal jangan ditahan di redline, itu yg haram…

    semoga mencerahkan, dan semoga setelah 2000an si konsumsi bbm back to normal (wajar) dan titip stiker ya mang hehehe

    http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/17/punya-duit-50-60-juta-pilih-motor-apa-ya/

    1. oh jadi begitu ya mas bro??? hmm.. ga adil juga kalo misalnya harga sama tapi ternyata dapet barang yang kualitasnya beda.. ah.. payah.. waduh mas bro.. masa enreynnya saya baru 80 KM udh 3 minggu ini karena kerja ane dri pgi sampe malem dan juga kawasan kerjaan rawan plokis jadi motor ga dipake buat kerja karena plat yang belum turun. yah… ga akan ketauan dong kalo gitu ya bro kalo baru 100 km an??
      makasih ya bro udh ngasih petunjuk.πŸ˜€ terus.. mau tanya juga.. kata mas bro tadi motor kalo baru masih peret kaya perawan.. emang kalo perawan peret2 gitu ya mas bro???? bagi pengalamannya dong. wkwkwkwk (Mode Polos bin Dodol On.)πŸ˜€πŸ˜€

      1. Ya namanya produk massal begitu adanya….manusia kembar aja gak pernah ada yg sama banget..kek saya sama kembaran saya si tom cruise…gak sama kan?
        Kalau berani sih pake plat bodong aja (gak ngajarin loh hehhee)…
        Perawan? Sejauh yg ay tau sih gitu sob….#eaaaa

  5. Motor ane ngisi pertamax 6 bar, alias 100rb ..
    Sekarang udah lari 108 km , tapi sisa nya masih 4 bar gan, rutenya jalan bagus, n jalan rusak ..
    Pas jalan bagus, ane coba bejek2 gasnya biar ngebut gitu ..
    Tp pas jalan ancur ya ane alon alon ..
    Tp alhamdulillah .. masih ada 4 bar ..

  6. saya pernah tanya kepala dealer yamaha solo , ” itu memang karena setingan injectornya , pada masa enreyn motor belum terlatih . borosnya bbm jika didukung dengan besarnya volume tanki bbm juga cucok kan ” tutur kata pak Adi wijaya… .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s