Lumpur Kapur Bisa Merusak Kampas Bahkan Piringan Cakram Motor??

Assalamualaikum.. Selamat pagi semua semoga kalian sehat selalu..

Tulisan saya kali ini adalah rasa penasaran dan kebingungan saya akan rem cakram depan motor saya yang hancur 3 x dan piringanya ikut terkikis sebelum kampas remnya hancur.

Memang setiap hari saya berangkat dan pulang kerja melalui jalanan yang rusak dan cenderung berlumpur. Bukan hanya lumpur tanah melainkan campuran lumpur kapur atau bahan mentah untuk semen.

Saya sempet tanya orang bengkel apakah lumpur kapur itu bisa merusak kampas remnya dan bahkan bisa mengikis piringan chakram, tapi mereka sendiri kurang tau akan hal itu.

IMHO namanya bahan mentah semen artinya kalau mengering dia bisa jadi keras seperti batu. Mungkin ini lah yang menyebabkan piringan cakram habis karena sama saja bergesekan dengan batu keras. Tetapi kalau memang keras kenapa bisa kampas cakram saya hancur seketika saat saya melakukan pengereman? Padahal kondisi kampas rem masih tebal namun dan orisinil yamaha punya. 2 kali kampas rem saya hancur. Anehnya hanya rem depan saja yang seperti ini sedangkan rem belakang masih awet karena rem belakang ini tidak secara langsung kena kotoran lumpur kapurnya karena posisinya aga tertutup fork dan dudukan kepala babinya..

Ada yang punya jawaban bro?? Apakah lumpur bahan mentah semen itu bisa merusak piringan dan kampas cakram motor?? Atau bahkan bisa lebih buruk lagi, merusak bagian yang lainnya juga?
Mohon penjelasannya kalau sempat ya bro?? Hehe makasih.

2 thoughts on “Lumpur Kapur Bisa Merusak Kampas Bahkan Piringan Cakram Motor??

    1. Wah wah.. Kok bisa bro?? Mungkin anda narik gasnya kekencengan kali bro.. Kan pada masa enreyn jangan sering2 narikgas di atas 5000 rpm kalo sebelum 1000 km

Leave a comment